Wednesday 3 July 2013

Menurunkan Gula Darah dengan Makanan Sehat

Ada banyak Cara Menurunkan Kadar Gula Darah bagi Anda yang khawatir terkena penyakit diabetes. Anda bisa mencoba berolahraga, meminum vitamin dari dokter ataupun dengan diet ketat dan mengonsumsi makanan penurun gula. Beberapa contoh dari makanan tersebut adalah:

1.    Coklat Hitam
Coklat diketahui sebagai salah satu makanan yang dapat mengurangi stress, tapi tahukah Anda bahwa salah satu jenis coklat yaitu coklat hitam dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian dikarenakan coklat terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
2.    Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung serat, lutein dan juga air. Sama halnya seperti gandum dan beras merah, serat pada brokoli juga dapat membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Lutein dalam brokoli merupakan senyawa yang memiliki fungsi yang mirip dengan karotenoid, dimana karotenoid diketahui dapat menjaga kesehatan mata terutama retina. Penderita diabetes umumnya mengeluh menurunnya fokus pada mata dan disinilah lutein berperan.
3.    Mengkudu
Mengkudu disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah, tapi perlu Anda ketahui bahwa mengkudu jenis terbaiklah yang sebetulnya berguna. Zat proxeronine dalam mengkudu berguna untuk membuka pori-pori sel sehingga nutrisi dapat lebih mudah masuk dan juga mempermudah pengeluaran racun dari tubuh. Xeronine dalam mengkudu juga dapat membantu revitalisasi sel insulin yang sebelumnya menurun sehingga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah.

No comments:

Post a Comment